Jumat, 07 Mei 2010

Acer dan Dell Siapkan Notebook Phenom II X4


AMD memang sangat terlambat dalam menghadirkan produk terbaru mereka di segmen komputer jinjing. Meski demikian, kini produsen prosesor terbesar kedua itu mulai mengambil ancang-ancang. Mereka sedang mempersiapkan prosesor triple core dan quad core Phenom II untuk menghadirkan kompetisi yang sehat dan mengambil sedikit pangsa pasar.

Seperti dikuti dari ZD Net, 5 Mei 2010, dua produsen utama notebook dunia yakni Acer dan Dell sudah menyiapkan produk berbasis AMD Phenom II X4 N930. Prosesor quad core tersebut berjalan di kecepatan 2GHz.

Dari Dell, produk yang disiapkan adalah Dell Inspiron M501R. Adapun dari Acer, produknya adalah Acer Aspire 5553G. Keduanya adalah notebook 15 inci. Selain 5553G, Acer juga menyiapkan model 17 inci yakni 7551G.

Belum ada informasi harga ataupun tanggal peredaran notebook Phenom II yang disiapkan Dell. Akan tetapi, varian milik Acer yakni Aspire 5553G akan dijual di kisaran harga 993 dolar AS saat diluncurkan secara global dalam beberapa pekan ke depan.

Yang menarik, harga notebook tersebut akan setara dengan harga notebook yang menggunakan prosesor quad core Intel Core i7-720QM.

Versi triple core juga tengah disiapkan oleh Acer yakni yang menggunakan prosesor Phenom X3 N830 yang berjalan di kecepatan 2,1GHz. Meski belum disebutkan harga pastinya, produk tersebut akan dilepas di kisaran harga yang lebih rendah lagi.

Menggandeng nama besar di bidang notebook seperti Acer dan Dell merupakan sinyal yang menjanjikan bagi AMD untuk berhasil dengan Phenom mobile tersebut.

Meski dari sisi kinerja ataupun efisiensi penggunaan daya prosesor tersebut belum tentu lebih baik dibanding seterunya buatan Intel, akan tetapi kehadiran notebook tersebut membuat pengguna memiliki pilihan lain di luar prosesor dual core ataupun quad core yang ada saat ini.

Langkah AMD menghadirkan prosesor Phenom mobile mereka juga membuat industri menjadi kompetitif karena Intel telah terlalu mendominasi pasar.


Sumber
VIVAnews

Tidak ada komentar: