Selasa, 04 Mei 2010

Windows 7 Kedua Terbesar di Pasar Global

Tujuh bulan setelah dipasarkan, Windows 7 dari Microsoft kini menjadi sistem operasi kedua yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Firma riset Janco Partners melaporkan bahwa 14,8 persen konsumen pasar komputer internasional memilih Windows 7.

Laman Daily Tech memberitakan bahwa Windows 7 kini berada di bawah Windows XP dan melampaui Windows Vista. Sejak pertama diluncurkan, penjualan Windows 7 melesat dua kali lebih cepat dari pendahulunya tersebut.

"Dibanding Vista, pengguna Windows 7 lebih banyak," kata Kepala Eksekutif Korporat Janco, Victor Janulaitis.

Sebagian besar pengamat memang menilai Windows 7 merupakan sistem operasi terbaik yang pernah dibuat Microsoft. Pengguna juga tidak mengeluhkan keterbatasan software kompatibel seperti yang dialami Vista. Bahkan perusahaan saingan Microsoft, Apple, memuji Windows 7.

Windows 7 juga telah mendorong pendapatan dan keuntungan Microsoft selama dua kuartal terakhir. Sistem operasi ini dipastikan bisa membuat pengguna Windows XP yang sebelumnya menolak Vista berpaling.

Sementara itu, Microsoft menghadapi tantangan besar dalam pasar browser karena pengguna Internet Explorer semakin sedikit. Data Janco menyebutkan bahwa antara Januari 2005 hingga April 2010, penjualan Internet Explorer menurun dari 90,61 menjadi 67,73 persen.

Ancaman terbesar bagi Internet Explorer adalah Mozilla Firefox dan Chrome dari Google. Selain itu, keputusan Uni Eropa yang memaksa Microsoft membiarkan konsumen memilih sendiri browser mereka saat menginstal Windows 7 membuat penjualan Internet Explorer berada pada titik terburuk sejak 1998.


Sumber
VIVAnews

Tidak ada komentar: