Selasa, 04 Mei 2010

Google Kuasai Desktop 3D BumpTop


Rencana apa lagi gerangan yang sedang dirancang Google? Kali ini Bump Technologies, sebuah perusahaan yang mengembangkan teknologi desktop tiga dimensi (3D) pun dikuasainya.

Bump Technologies selama ini dikenal sebagai pembuat BumpTop, aplikasi gratisan yang bisa mengubah tampilan gambar dua dimensi menjadi tiga dimensi di layar. Selain itu, BumpTop mendukung fitur sensor gerak yang biasa digunakan di layar sentuh.

"Dengan bangga kami mengumumkan bahwa kami telah diakuisisi Google," demikian pengumuman di halaman depan situs perusahaan tersebut, yang ditulis Jumat (30/4/2010) lalu. Versi gratis BumpTop tetap bisa diunduh tapi hanya sampai Jumat mendatang. Bump belum berencana merilis update berikutnya. Sementara untuk pengguna BumpTop pro yang berbayar akan tetap mendapatkan dukungan seumur hidup.

Belum ada informasi ke mana teknologi tersebut akan dikembangkan. Namun, sejauh ini terkait pengembangan sistem operasi desktop, Google tengah mengembangkan Chrome OS. Di sisi lain, Google juga mengembangkan sistem operasi Android untuk smartphone hingga tablet dan netbook.



Sumber
MOUNTAIN VIEW, KOMPAS.com

Tidak ada komentar: