Sabtu, 01 Mei 2010

Perbedaan dan Persamaan Mobile,Grid dan Cloud Computing

Dalam era komputasi modern kita mengenal setidaknya 3 jenis komputasi modern tersebut di antaranya :
1. Mobile Computing
2. Grid Computing
3. Cloud Computing

Definisi dari masing-masing adalah sebagai berikut :

1. Mobile Computing adalah sebuah teknologi yang memungkinkan komunikasi jarak jauh yang bersifat tidak terhubung secara fisik serta dapat bermobilisasi / berpindahlokasi.

2. Grid Computing adalah sebuah teknologi komputasi penggunaan sumber daya yang melibatkan banyak komputer yang terdistribusi dan terpisah secara geografis untuk memecahkan persoalan komputasi dalam skala besar

3. Cloud Computing adalah komputasi berbasis internet, dimana berbagi sumber daya, perangkat lunak dan informasi yang diberikan kepada komputer dan perangkat lain, seperti utilitas publik.

Dari definisi di atas kita dapat mengambil kesimpulan tentang perbedaan dari ketiga model komputasi di atas, Antara Lain :

* Mobile computing menggunakan teknologi modern yang bersifat mobile untuk menjalankannya seperti Handphone, Personal Digital Assistant dan Ultra Mobile PC, sedangkan grid dan cloud computing menggunakan PC pada umumnya untuk menjalankannya.
* Karena sifatnya yang berpindah-pindah, biaya untuk pengadaan energi untuk mobile computing cenderung lebih mahal dibanding grid dan cloud computing apabila tidak ada sumber daya listrik karena membutuhkan sumber daya pengganti yaitu baterei.
* Mobile computing tidak terlalu membutuhkan tempat yang besar untuk mengoperasikannya dibanding grid dan cloud computing karena cenderung portable dan mudah dibawa kemana saja.
* Pada mobile computing, proses komputasi cenderung dilakukan sendiri oleh user. Pada grid computing, proses komputasi dilakukan terpusat maupun tidak terpusat dimana consumer membutuhkan discovery server. Pada cloud computing, proses komputasi membutuhkan ASP dan internet sebagai media penghubung.

selain dari perbedaan-perbedaan di atas, terdapat pula kesamaan antar ketiga model komputasi tersebut, antara lain :

* Ketiganya merupakan metode untuk melakukan proses komputasi dan memecahkan sebuah masalah serta menemukan solusinya
* Ketiganya membutuhkan alat pengolah data modern seperti PC,laptop maupun handphone untuk menjalankannya.
* Ketiganya membutuhkan sumber daya yang dapat menghubungkan antara perangkat yang satu dengan yang lain.

Source :
http://en.wikipedia.org/wiki/Mobile_computing
http://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi_grid
http://en.wikipedia.org/wiki/Cloud_computing
http://4d1kurn14.wordpress.com/2010/04/23/perbedaan-dan-persamaan-mobilegrid-dan-cloud-computing/

Tidak ada komentar: