Selasa, 11 Mei 2010

Mitos tentang mobil listrik

Jangan dipercayai dengan penuh, tetapi pertimbangkan dengan akal sehat. Apakah akan membeli mobil listrik suatu saat nanti. Dibawah ini 10 alasan mengapa kita membutuhkan mobil dengan tenaga listrik.

1. Mobil listrik lebih mahal dari mobil biasa, apakah benar
Sudah pasti tidak. Mobil listrik di Amerika seperti Chevy Volt memiliki harga tidak berbeda dengan mobil konvensional. Bahkan mobil listrik mendapatkan potongan pajak khusus $7.500. Biaya tambahan lain seperti Charger sampai instalasi pengisian baterai mobil hanya menghabiskan $2000 diluar ongkos. Lebih murah mobil listrik dibandingkan mobil konvensional.

2.Susah mengisi baterai.
Tidak juga, mengunakan voltase 150V memang membutuhkan waktu sampai 8 jam. Mau lebih cepat tinggal menaikan voltase menjadi 250V dan akan menghemat waktu pengisian sampai 2-3 jam. Di Amerika sendiri memiliki perbedaan tarif listrik dalam waktu. Penguna mobil listrik dapat mengisi diwaktu malam, sehingga biaya listrik menjadi lebih murah lagi.

3. Peralatan mobil listrik mahal dan baterainya berumur pendek.
Mungkin tidak juga. Pikirkan berapa lama waktu untuk menganti baterai. Penguna mobil listrik dapat menjalankan mobilnya sejauh 10.000 mil atau sekitar 10 tahun sebelum baterai menjadi rusak atau lemah. Dimasa mendatang jenis baterai lithium akan terus dikembangkan, dan umurnya pasti lebih lama.

4. Lebih baik mengambil jenis hyrid.
Memakan waktu bila mengisi mobil listrik. Lebih baik membeli mobil tipe hyrid sehingga jarak tempuh lebih jauh. Sepertinya pernyataan itu kurang tepat. Mobil listrik hanya membutuhkan waktu 15 menit dengan pengisian Quick Charge, dan baterai dapat mencapai 80%.

5. Mobil listrik lebih cepat.
Benar, lihat saja tipe Tesla Roadster atau Fisker Karma

6 Mobil listrik tidak aman
Banyak yang meragukan bahwa mobil listrik kurang aman. Misalnya mobil listrik tidak memiliki bunyi seperti mobil konvensional. Sehingga banyak penjalan kaki kurang bisa mendengar adanya kendaraan. Hal ini bisa dibantah. Sekarang mobil listrik tetap memiliki suara., bisa di pilih dengan suara traktor, trailer dan lainnya ;-) .
Mirip seperti ring tone handphone juga bisa.

7. Mobil listrik tidak bersih juga, karena mengunakan power dari bahan batubara
Salah. Bagaimana dengan kendaraan biasa yang mengunakan bahan bakar. Sedikitnya mobil listrik hanya menimbulkan pencemaran sampai 25 sampai 59% saja dibandingkan kendaraan berbahan bakar biasa.

8. Semakin banyak mobil listrik semakin banyak dibutuhkan pabrik listrik.
Amerika belum memiliki rencana untuk persiapan power plant baru. Penguna mobil listrik dapat mengisi baterai mobil secara otomatis ketika malam hari, dimana pemakaian listrik lebih rendah. Belum lagi pengisian dengan power lain, seperti solar cell, sistem pengisian pintar dan lainnya.

9 Mobil listrik tidak repot.
Benar 100%. Mobil listrik lebih mudah perawatannya. Tidak perlu teratur menganti oli atau filter. Bayangkan butuh waktu 40 ribu mil sebelum mobil kembali di service.

Tidak ada komentar: