Kamis, 06 Mei 2010

GCOS Akan Diserbu Puluhan Pakar Open Source Dunia


Pertemuan kepanitiaan GCOS 2009 pada tanggal 01 Oktober 2009 yang bertempat Departemen Komunikasi dan Informasi (Depkominfo) lalu telah berhasil melakukan pendataan final terkait dengan kesiapan perhelatan akbar Global Conference on Open Source dan kesediaan para pembicara baik yang berasal dari luar negeri maupun dalam negeri.

Pakar open source dari luar negeri yang secara positif menyatakan kesediaannya hadir dan menyampaikan paparannya antara lain dari kalangan pemerintahan (government) seperti MAMPU (Malaysia): Modernizing Public Service Using Open Source, USA: The Importance of Document Format on Government Task, Nanggroe Aceh Darussalam: Serving The Society Efficiently and Effectively, Ministry of Information and Communications, Republic of Indonesia: Legal and Smart Solution in Building National ICT Capability 2, dan lainnya.

Pembicara dari kalangan pebisnis yang juga telah menyatakan kesediaannya antara lain; Sun Microsystems: Embrace and Extend: Making Open Source Technologies Complement Incumbent Technologies in the Enterprise, TELKOM: To Open source or Not To Open source: A CIO Strategy and Migration Methodology, IBM: Open Source Adoption in Enterprise, NTT: Big Surge in the Use of Open Source in Mission Critical Systems , dan lainnya.

Tak kalah menarik adalah pembicara dan topik-topik di jalur akademisi. Akan hadir diantaranya adalah dari CNRS Perancis: The Use of Open Source in the Grid Computing and Data Acquisition System in High Energy and Particle Physics Research Projects, SEAMOLEC: Prospect and Experience in using Open Source for Distance Learning, The Arnold Arboretum of Harvard University: Open Source Software and Open Data in Biodiversity Research and Education.

Selain topik-topik pemerintahan, bisnis dan akademis, ada pula topik-topik open source di komunitas juga open source di dunia kreatif.

Dalam pertemuan tersebut juga memetakan kesiapan panitia terkait dengan kegiatan Workshop dan pameran yang akan digelar menjadi satu kesatuan dari serangkaian acara Global Conference on Open Source yang akan segera dilaksanakan pada tanggal 26 – 27 Oktober 2009 nanti. Empat buah workshop tengah disiapkan oleh panitia, yaitu : Character Animation using Blender, Open Source For Health/Medicine, dan Network Analysis and troubleshooting @ enteprise.

Bersamaan dengan Global Conference on Open Source ini, akan diselenggarakan pula Asia Open Source workshop, POSS Network Workshop dan IGOS Summit 3.

Hal yang menarik, setelah perhelatan Global Conference on Open Source juga akan diselenggarakan satu sesi khusus dengan pembicara Richard M. Stallman, sang Pencetus gerakan perangkat lunak bebas (Free Software Movement) yang juga pendiri Free Software Foundations (FSF). Richard M. Stallman adalah penulis “GNU Compiller Collection”, sebuah kompiler portable yang dapat ditujukan untuk berbagai variasi arsitektur dan bahasa pemrograman. Selain itu ia juga menulis “GNU Symbollic debugger (gdb)”, “GNU Emacs” dan berbagai program GNU Project yang sebenarnya adalah salah satu wujud usaha Stallman untuk memperjuangkan “free software”.

Acara yang digelar di Auditorium, Gedung BPPT II Lt. 3, Jl. MH Thamrin 8, Jakarta pada tanggal 28 Oktober 2009 mulai pukul 09:00 s/d 11:30 ini dipandu oleh Majalah InfoLinux dan dibuka GRATIS untuk umum. Dalam kesempatan ini Richard M. Stallman akan membawakan topik : “The Free (Bebas) Software Movement and the GNU/Linux Operating System”.

Mari bersama kita sukseskan penyelenggaraan Global Conference on Open Source sebagai tonggak kebangkitan dan perkembangan komunitas Open Source di Indonesia.

Keterangan lebih lanjut terkait dengan kesiapan, jadual acara serta rangkaian kegiatan GCOS, silakan kunjungi situs resminya di http://gcos. info

Terima kasih.

Salam,
Mr.Hoky / Soegiharto Santoso.
BISKOM - Media Partner GCOS 2009
www.biskom.web. id

Tidak ada komentar: