Rabu, 26 Mei 2010

Yahoo Siap Akuisisi Startup Lokal Lain

Akuisisi Yahoo terhadap jejaring sosial berbasis lokasi asal Indonesia, Koprol.com, merupakan akuisisi pertama Yahoo terhadap perusahaan Indonesia. Tapi, kemungkinan besar ini bukan akuisisi terakhir Yahoo terhadap startup lokal.

"Kami akan selalu siap untuk mengakuisisi perusahaan startup lain," kata Yvonne Chang, vice president & managing director Yahoo SouthEast Asia, kepada wartawan di acara pengumuman akuisisi Yahoo terhadap Koprol, di Plaza FX, Jakarta, Selasa 25 Mei 2010.

Yvonne yang baru memimpin tim Yahoo Asia Tenggara selama dua bulan terakhir, mengatakan, bahwa Yahoo akan fokus untuk mengembangkan Yahoo di Indonesia.

Ia menjelaskan, akuisisi terhadap Koprol memenuhi strategi Yahoo di Indonesia yang menitik beratkan pada pengguna usia muda dan menekankan pada aspek social, mobile, dan local.

"Kami memang mencari talenta yang baik, yang memiliki insight lokal, berbasis pada komunitas, serta mempunyai teknologi yang baik," kata Yvonne.

Sebelum mengakuisisi Koprol, Yahoo sempat menjajaki untuk mengakuisisi situs berita Kapanlagi.com. Namun, akuisisi tidak jadi dilakukan karena mengalami berbagai kendala.

Sejak Carol Bartz menjabat sebagai chief executive, Yahoo memang agresif untuk mengakuisisi startup penghasil konten. Baru-baru ini Yahoo juga mengakuisisi startup berita berbasis penulis freelance, Associated Content.

Menurut Kuncoro Wastuwibowo, service creation Group Telkom, langkah agresif Yahoo di Indonesia memang menarik, karena sedikit berbeda dengan strategi Google.

Setelah mengakuisisi suatu perusahaan, Yahoo akan membiarkan startup tersebut berkembang secara alami sendiri. "Masing-masing dari mereka dibiarkan berkembang membentuk semacam pulau-pulau," kata blogger senior itu.

Namun demikian, langkah Yahoo ini, kata Kuncoro, tak perlu disikapi dengan kekhawatiran. "Hingga kini, pasar Indonesia belum tergarap dengan baik. Jadi sebaiknya kita menyambut positif langkah Yahoo, sambil bersama-sama membesarkan pasar di sini," ujarnya.



Sumber
VIVAnews

Mau dapat uang Gratis, dapat kan di http://roabaca.com/forum/index.php/topic,87.0.html

Tidak ada komentar: