Jumat, 07 Mei 2010

Microsoft Internet Explorer Tergencet Pasar


Para pengguna aplikasi Microsoft Internet Explorer mulai beralih ke aplikasi lain untuk berinternet. Data terbaru dari NetApplication menunjukkan pasar Microsoft Internet Explorer yang mencapai 95 persen pada 2003 turun menjadi 60 persen tahun ini.

Posisi kedua diduduki aplikasi Firefox yang menguasai pasar sebesar 24,5 persen sedangkan posisi ketiga ditempai Google Chrome dengan persentase 6,7 pesen. Microsoft yang mulai kehilangan pangsa pasar aplikasi browser ini rencananya akan menampilkan aplikasi terbaru dalam waktu dekat.

"Sekarang semakin banyak alternatif dan variasi aplikasi browser," kata analis dari Gartnet, Jeffrey Mann. Kini, menurut Mann, tersedia sedikitnya 12 aplikasi supaya terhubung dengan dunia maya.

Mann menjelaskan, kedudukan Microoft Internet Explorer di peringkat teratas karena lebih dari sepuluh tahun terakhir, hampir semua orang di dunia menggunakan komputer dari Microsoft yang telah dibenamkan aplikasi Internet Explorer. "Sehingga butuh waktu yang lama untuk menyaingi dominasi Microsoft," katanya.

Berikut adalah sepuluh peringkat dalam pasar aplikasi browser menurut data NetApplication:

1. Internet Explorer (59,9%)

2. Firefox (24,5%)

3. Chrome (6,7%)

4. Safari (4,7%)

5. Opera (2,3%)

6. Opera Mini (0,7%)

7. Netscape (0,46%)

8. Mozilla (0,16%)

9. Flock (0,06%)

10. Lunascape (0,04%)

Rini K | BBC


Sumber
TEMPO Interaktif, Washington

Tidak ada komentar: