Jumat, 24 September 2010

IBM Akuisisi Perusahaan Analisis Data


New York - IBM Corp telah mengakuisisi Netezza Corp, sebuah perusahaan analisis data senilai US$ 1,7 miliar atau sekitar Rp 15,3 triliun. Dengan membeli Netezza, IBM berharap dapat memperluas layanan teknologi dan membantu klien menganalisa informasi pasar dengan lebih baik.

Selain tetap berkonsentrasi pada penjualan piranti lunak dan piranti keras, kini IBM mulai mengeruk keuntungan dari pasar analisis jasa. Mereka menargetkan pada 2015 memperoleh pendapatan hingga US$ 16 miliar dibandingkan penghasilan tahun lalu sebesar US$ 9 miliar.

Adapun produk yang selama ini dikeluarkan Netezza, dirancang untuk membantu perusahaan menggunakan data usaha mereka untuk membuat keputusan strategis. Hal ini sudah diterapkan oleh TV Inggris dan penyedia layanan telepon Virgin Media untuk menilai perubahan harga atau tarif yang berpengaruh pada penjualan.

Seorang analisis mengatakan IBM menyumbang sekitar US$ 9 miliar dari US $ 9,57 miliar pendapatan IBM tahun lalu. IBM mempekerjakan enam ribu konsultan analisis sementara Netezza memiliki 500 karyawan. Perusahaan analisa data lainnya yang menjadi sasaran berikutnya yakni Teradata Corp.

General Manager Manajemen Informasi IBM Arvind Krishna mengatakan perusahaannya memilih Netezza karena mampu menganalisis data online dengan cepat. Netezza juga menggunakan perangkat keras dari IBM.

"Kecepatan sangat penting, klien tidak memiliki kesabaran menunggu beberapa minggu," kata Arvind Krishna.

Sebelumnya IBM juga telah menghabiskan US$ 12 miliar di 23 perusahaan terpisah selama empat tahun terakhir. Akuisisi terbesar pada tahun lalu US$ 1,2 miliar untuk SPSS inc. Perusahaan pembuat perangkat lunak analisis tren masa depan.

Saingan IBM seperti Hewlett Packard (HP), Oracle Corp dan Cisco Systems Inc, telah mengumumkan layanan baru dan akuisisi dalam upaya untuk menawarkan serangkaian teknologi teranyar untuk klien.

HP sebelumnya juga terlibat dalam perang penawaran atas Dell Inc untuk penyimpanan data perusahaan 3Par Inc. Mereka membayar US$ 2, 07 miliar untuk 3Par. HP juga membeli perusahaan keamanan jaringan ArcSight Inc sebesar US$1,5 miliar.

REUTERS/AP/DIAN YULIASTUTI



Sumber
TEMPO Interaktif

Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-Puisi Ku

Tidak ada komentar: