Rabu, 15 September 2010

Lebaran, Trafik SMS Bakrie Telecom Naik 46%

PT Bakrie Telecom Tbk mengalami lonjakan trafik pada pengiriman layanan pesan singkat (SMS) hingga 46 persen selama Ramadan dan Idul Fitri. Namun, percakapan telepon justru memperlihatkan penurunan trafik di Jakarta, dan meningkat di beberapa kota tujuan mudik di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

"Kami berhasil menyalurkan trafik percakapan telepon, SMS maupun data selama Ramadan dan Idul Fitri," kata Muhammad (Danny) Buldansyah, wakil direktur utama Bakrie Telecom dalam keterangannya kepada VIVAnews di Jakarta, Selasa 14 September 2010.

Selain itu, menurut dia, layanan value added services (VAS) yang merupakan fitur nilai tambah yang berkaitan dengan Ramadan seperti RBT (ring back tone), adzan cell, dan win Ramadhan juga semakin digemari masyarakat dengan rata-rata pertumbuhan dua kali lipat dibanding sebelum Ramadan.

Danny Buldansyah menjelaskan, keberhasilan perusahaan menyalurkan trafik disebabkan dua faktor. Pertama, Bakrie Telecom telah mengantisipasi terjadinya lonjakan trafik dengan meningkatkan kapasitas jaringan hingga dua kali lipat. Kedua, lonjakan trafik yang terjadi menunjukkan gambaran yang hampir sama dengan yang terjadi tahun lalu.

"Tentu bervariasi tipe kotanya. Ada yang hanya kami tingkatkan 20 persen dari kapasitas normal di hari biasa, tapi ada juga yang ditingkatkan hingga 100 persen seperti kota-kota tujuan mudik di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur," ujar Danny Buldansyah.

Untuk SMS, menurut Danny Buldansyah, lonjakan terjadi pada hari pertama dan kedua menjelang Ramadan. Sementara itu, pada Idul Fitri lonjakan trafik SMS mulai terjadi tiga hari menjelang hari raya dan mencapai puncaknya pada H-1.

"Biasanya orang saling mengirim SMS permohonan maaf menjelang Ramadan dan Idul Fitri. Polanya seperti itu dan kami telah mengantisipasinya dengan baik," katanya.

Selain itu, Danny melanjutkan, lebih dari 95 persen SMS bisa dikirimkan di bawah 60 detik. Kemampuan ini meningkat dibanding tahun sebelumnya yang berkisar antara 92-95 persen. Kecepatan pengiriman SMS ini memperlihatkan kualitas jaringan Bakrie Telecom semakin membaik.

Membaiknya kualitas jaringan juga diperlihatkan dari keberhasilan pelanggan Esia memanfaatkan layanan Esia GOGO. Layanan ini memungkinkan pelanggan Esia tetap bisa menggunakan teleponnya meskipun telah berpindah kota atau kode area.

Rata-rata tingkat keberhasilan aktivasi layanan Esia GOGO bisa mencapai 90 persen. Sementara itu, keseluruhan permintaan layanan ini berhasil dilakukan tidak lebih dari 5 menit. "Ada peningkatan kinerja jika dibandingkan tahun 2009 yang rata-rata tingkat keberhasilannya bisa mencapai waktu 6,5 menit,” kata Danny.

Sedangkan aplikasi adzan cell selama Ramadan mengalami lonjakan permintaan hingga hampir dua kali lipat. Aplikasi adzan di hape Esia memungkinkan pelanggan mengetahui waktu sholat secara mobile. (adi)



Sumber
VIVAnews

Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-Puisi Ku

Tidak ada komentar: