Senin, 13 September 2010

Pangsa Pasar Makin Susut, Nokia Ganti Big Bos

Produsen telekomunikasi raksasa Nokia mengganti bos. Chief executive Olli-Pekka Kallasvuo diganti oleh Stephen Elop yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Divisi Bisnis Microsoft.

Dilansir dari The Telegraph, Elop mulai bekerja dengan jabatan barunya 21 September mendatang. Kallasvuo sendiri akan mundur dari posisi di jajaran direksi namun tetap memberikan kontribusi dengan kapasitas non-eksekutif Nokia Siemens Networks.

"Waktunya sangat tepat bagi perusahaan untuk akselerasi. Membawa kepemimpinan eksekutif baru dengan keahlian dan kekuatan yang berbeda agar meningkatkan kesuksesan perusahaan," kata salah satu pimpinan Nokia, Jorma Ollila.

Spekulasi mengenai pergeseran Kallasvuo mulai muncul tahun ini seiring pergumulan berat perusahaan ini dalam menghadapi pasar smartphone.

Sejak Apple mengenalkan iPhone ke pasaran, tiga tahun lalu, industri telepon seluler mulai berubah ke aplikasi yang lebih kompleks. Ini berdampak pada saham Nokia yang kian merosot.

Nokia sebenarnya sudah mulai mengikuti ritme pasar dengan menciptakan smartphone dan harus memangkas harga jual. Nokia pun harus merelakan keuntungan demi mempertahankan pangsa pasar yang menyusut.

Elop sendiri menyatakan," Saya sangat semangat karena bisa bergabung untuk memperkuat Nokia."

Kallasvuo telah bergabung dengan Nokai selama lebih dari 30 tahun dan menjadi chief excutive tahun 2006 menggantikan Jorma Ollila.



Sumber
VIVAnews

Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-Puisi Ku

Tidak ada komentar: