Selasa, 28 September 2010

Situs Jual Beli Online Jadi Target Penipuan

Dalam beberapa bulan terakhir, menurut pengamatan Symantec, terjadi peningkatan serangan phising ke situs-situs jual-beli otomotif asal Inggris dan Amerika Serikat. Targetnya adalah pengguna yang ingin menjual kendaraan baru dan bekas seperti mobil dan sepeda motor.

Ada beberapa situs phising yang dibuat untuk mencuri informasi rahasia milik pelanggan. Situs phising tersebut menggunakan domain web hosting gratis dan umumnya mereka menyatakan bahwa mereka memasang iklan di situs tersebut tidak dipungut biaya.

Seperti di situs lainnya, pengguna diharuskan melengkapi verifikasi identitas untuk mendapatkan layanan gratis tersebut. Proses verifikasi ini menanyakan alamat email, ID pengiklan dan pertanyaan keamanan pengguna sekaligus dengan jawabannya.

“Dalam serangan ini, fraudster berusaha untuk meyakinkan pengguna bahwa halaman phising tersebut adalah halaman asli,” kata juru bicara Symantec, pada keterangannya, 26 September 2010. “Selain itu, pernyataan ‘We fight fraud for you!!’ juga disebutkan untuk meyakinkan pengguna,” ucapnya.

Padahal, Symantec menyebutkan, yang sebenarnya terjadi justru adalah sebaliknya. “Jika pengguna percaya dan memberikan identitas mereka, itu berarti para fraudster telah sukses mencurinya,” sebut Symantec.

Metode lain yang digunakan adalah situs phising serupa situs asli menyatakan bahwa akun pengguna sedang “diblokir” dan pengguna harus masuk login untuk mengaktifkan kembali akunnya. Setelah informasi login dimasukkan, halaman diarahkan ke situs yang asli.

“Situs phising lainnya menggunakan tipuan yang sama untuk mendapatkan informasi rahasia, termasuk rincian kontak dan kartu kredit,” sebut Symantec. “Situs phising ini menyatakan bahwa informasi tersebut dibutuhkan untuk melakukan pembayaran kendaraan yang telah dibeli pelanggan.”

Dari beberapa metode phising yang digunakan, Symantec menyebutkan, motif utama serangan-serangan phising tersebut adalah keuntungan finansial.



Sumber
VIVAnews

Website yang berhubungan : Tentang AkuSentuhan RohaniTrik and TipsInfo PendidikanInfo KesehatanForum Di WebPuisi-Puisi Ku

Tidak ada komentar: