Selasa, 15 Juni 2010

200 Robot Karya Mahasiswa Bersaing Bangun "Prambanan"

Jakarta - Sebanyak 200 robot karya mahasiswa Indonesia akan menampilkan kemampuan membangun "Candi Prambanan" dengan menggunakan blok, pada Kontes Robot Indonesia, Kontes Robot Cerdas Indonesia, Kontes Robot Seni Indonesia 2010.

"Pembuatan robot-robot tersebut membuktikan bahwa kemampuan para mahasiswa Indonesia tidak kalah dengan mahasiswa luar," kata Wakil Menteri Pendidikan Nasional Fasli Jalal dalam jumpa pers Kontes Robot Indonesia (KRI), Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI), Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI) Tahun 2010 di Jakarta, Selasa.

Dalam jumpa pers itu, Fasli Djalal didampingi Direktur Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Ditjen Dikti, Suryo Hapsoro, dan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang, Sudarman.

Kontes robot yang terdiri dari Kontes Robot Indonesia (KRI), Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI), dan Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI) itu bakal diadakan di Dome Universitas Muhammadiyah Malang, Kota Malang, Jawa Timur, pada 19-20 Juni 2010.

"Jelas saya bangga dan mendukung kontes robot ini karena juga mengangkat budaya bangsa dengan menyertakan robot yang bisa menari," kata Fasli saat menjelaskan tentang kontes robot tersebut.

KRSI merupakan kontes yang relatif masih baru diselenggarakan sejak tahun 2009 ke-2 baru diselenggarakan selam dua tahun diharuskan robot bisa menari Jaipong, sedangkan tahun ini diwajibkan bisa menari Pendet dari Bali.

Sedangkan untuk KRI, robot harus bisa membentuk "Candi Prambanan" sesuai dengan tema kontes tahun ini yakni "Bersama membangun Candi Prambanan". Sedangkan KRCI, robot harus bisa memadamkan api yang berasal dari lilin.

Para peserta ini terdiri dari 98 tim yang berasal dari 148 perguruan tinggi negeri dan swasta. Seluruh tim ini terseleksi dari 306 tim yang bertanding dalam kontes tingkat regional daerah.

Para peserta mendapat biaya pengganti untuk pembuatan robot. Untuk KRI mendapat pengganti Rp5 juta, KRCI mendapat Rp3 juta dan KRSI mendapat Rp10 juta. Bagi pemenang masing-masing kriteria untuk juara I mendapat hadiah berupa uang Rp2 juta, juara II mendapat Rp 1,5 juara dan juara III mendapat satu juta Rupiah.



Sumber
(ANTARA)

Mau dapat uang Gratis, dapat kan di http://roabaca.com/forum/index.php/topic,87.0.html

Tidak ada komentar: