Kamis, 10 Juni 2010

Linaro Tanam Sistem Operasi Komputer di Chip


ARM, Freescale Semiconductor, IBM, Samsung, ST-Ericsson, dan Texas Instruments mengumumkan pendirian Linaro. Perusahaan nirlaba ini didedikasikan untuk mengembangkan inovasi opensource bagi komputer masa depan.

Di Linaro, para pakar dari perusahaan elektronik terkemuka tersebut akan mendorong pengembangan Linux, di antara para pengembang sistem operasi, untuk ditanam pada semikonduktor sebagai SoC (system-on-chip).

“Perangkat yang ‘selalu terhubung dan selalu aktif’ yang ada saat ini membutuhkan SoC yang kompleks untuk memenuhi kebutuhan kinerja sekaligus konsumsi energi yang rendah,” kata juru bicara Linaro, seperti dikutip dari PCWorld, 10 Juni 2010.

“Linaro didirikan untuk meningkatkan investasi di open source, mengatasi tantangan dalam pengembangan produk bagi pasar konsumer dan menyediakan dukungan luas bagi produk semikonduktor buatan berbagai perusahaan,” kata juru bicara tersebut.

Dengan menyediakan platform standar baik perangkat dan software, kata juru bicara tersebut, Linaro akan memungkinkan efisiensi operasional yang lebih baik bagi industri elektronik.

Linaro juga akan bekerjasama distribusi Linux lainnya dan menghadirkan update secara berkala untuk software mereka agar dapat digunakan secara luas dan meningkatkan kompatibilitas terhadap semikonduktor dari berbagai pemasok.

Dari sisi konsumen, pendirian Linaro juga akan menguntungkan. Teknologi yang dikembangkan Linaro akan mempercepat maraknya produk konsumer berbasis Linux seperti Android, LiMo, MeeGo, Ubuntu, dan webOS yang akan menggunakan semikonduktor terkini namun tetap dengan konsumsi daya yang serendah mungkin. (mt)



Sumber
VIVAnews

Mau dapat uang Gratis, dapat kan di http://roabaca.com/forum/index.php/topic,87.0.html

Tidak ada komentar: