Selasa, 07 September 2010

2011, VIA Hadirkan Prosesor Quad Core Pertama


Kesenjangan antara VIA Technologies dan dua pemasok prosesor utama dunia, Intel dan AMD, tampak semakin lebar. Sebagai bukti, menurut sejumlah laporan tak resmi dari Taiwan, VIA baru mempersiapkan peluncuran mikroprosesor VIA Nano mereka di akhir 2011 mendatang.

Peluncuran prosesor quad core tersebut lima tahun lebih lambat dibandingkan dengan peluncuran produk milik Intel dan sekitar empat tahun setelah AMD menghadirkan prosesor quad core.

Sebelumnya, VIA sendiri ingin menghadirkan prosesor dual core Nano tersebut di akhir tahun ini. Seperti dikutip dari XbitLabs, 7 September 2010, informasi yang didapat DigiTimes, prosesor tersebut memiliki kecepatan 2GHz, punya L2 cache sebesar 2MB, dan menggunakan 1333MHz V4 bus.

Dengan thermal design power (TDP) yang hanya 20 watt, VIA Technologies berniat untuk memposisikan prosesor tersebut di segmen notebook. Prosesor itu sendiri dibuat dengan proses manufaktur 40 nanometer dan dibuat oleh Taiwan Semiconductor Manufacturing Company.

Pada akhir 2011 mendatang, perusahaan berbasis di Taiwan tersebut akan menghadirkan prosesor quad core pertama mereka itu lengkap dengan core grafis berbasis DirectX 11.

Sayangnya, tak hanya tertinggal beberapa tahun di belakang AMD dan Intel dengan prosesor quad core-nya, akan tetapi platform mereka juga diperkirakan kurang kompetitif dibanding platform AMD Fusion atau Intel Sandy Bridge yang akan hadir pula di 2011.

Meski VIA telah menambahkan fitur keamanan eksklusif dan kemampuan lain pada mikroprosesornya, performanya yang rendah, dan thermal design power yang cukup tinggi terus merusak reputasi perusahaan di kalangan pembuat komputer dan pengguna.

Hasilnya, kerugian bersih VIA hingga paruh pertama tahun ini semakin besar menjadi US$45,011 juta dari penjualan yang mencapai US$79,974 juta.



Sumber
VIVAnews

Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-Puisi Ku

Tidak ada komentar: