Minggu, 05 September 2010

Mengintip Undangan Misterius Apple


California - Sebuah undangan bergambar gitar akustik dengan lubang di tengah berbentuk logo Apple Inc menyebar ke seluruh media massa di Amerika Serikat. Tulisan yang tertera pada undangan berwarna putih itu sangat singkat.

Hanya meminta para pewarta untuk hadir di Pusat Seni Yerba Buena, San Francisco, pada hari pertama September pukul 10.00 waktu setempat. Meskipun tidak disebutkan dalam rangka apa perusahaan asal Cupertino itu mengundang media massa, sudah menjadi tradisi bagi Apple untuk meluncurkan produk baru pada musim liburan dan menjelang akhir tahun supaya konsumen tertarik membeli produknya sebagai hadiah Natal.

Kabar yang beredar menyebutkan, perusahaan yang dikomandoi Steve Jobs itu akan meluncurkan gadget baru dan layanan televisi berbayar. Menurut Appleinsider, gadget baru yang akan dikeluarkan adalah iPod nano generasi keenam dengan ukuran yang lebih kompak, yakni 3 x 3 sentimeter.

Bocoran mengenai bentuk iPod yang semakin mungil ini terungkap dari foto casing-nya. Ukurannya memang mirip iPod nano generasi kedua yang memiliki layar 3 x 2,5 sentimeter. iPod baru tersebut juga memakai dock connector seperti jenis iPod lainnya.

Ini mungkin saja dilakukan supaya iPod yang baru itu tetap kompatibel dengan berbagai aksesori yang juga digunakan pada iPod versi sebelumnya. Selain iPod nano baru, rencananya Apple merilis iPod touch dengan koneksi 3G. Karena itu, iPod touch ini akan dilengkapi dual camera dan fitur FaceTime untuk melakukan panggilan video chat.

Seperti yang pernah dikatakan Chief Executive Officer Apple Steve Jobs bahwa perusahaannya akan membuat puluhan juta perangkat yang kompatibel dengan fitur FaceTime pada tahun ini. Sementara saat ini hanya iPhone 4 yang mampu menampilkan panggilan FaceTime video chat melalui Wi-Fi.

Kabar yang beredar juga menyebutkan bahwa iPod baru ini dilengkapi dengan layar warna seluas 2 inci untuk menampilkan foto dan berkapasitas 50 gigabita, sehingga mampu menyimpan sekitar 12.500 lagu. iPod juga dapat tersambung dengan televisi, sehingga pengguna dapat menikmati tayangan video melalui layar kaca.

Soal harga, sejumlah sumber mengatakan Apple akan membanderol iPod itu US$ 499 atau sekitar Rp 4,4 juta. Bisnis iPod termasuk gurih karena hingga Juni tahun ini, Apple berhasil menjual 9,41 juta unit. Meskipun angkanya tergolong besar, ternyata angka penjualan ini menurun dari kuartal yang sama pada tahun sebelumnya, yakni 10,2 juta unit.

Kabar yang berseliweran mengenai iPod baru ini juga membuat saham Apple meningkat sebesar 1,2 persen. Namun kabar lain menyebutkan bahwa undangan itu menjadi ajang peluncuran layanan televisi buatan Apple atau iTV.

Wall Street Journal telah memberitakan bahwa Apple sudah mencapai kata sepakat dengan studio kenamaan Hollywood, Fox, dan jaringan televisi ABC untuk menayangkan siarannya melalui iTunes dengan bayaran 99 sen per episode. Masa tenar iPad dan iPhone 4 sepertinya bakal mencapai antiklimaks.

Komputer tablet yang memecahkan rekor tertinggi penjualan dengan 1 juta unit dalam 28 hari dan kisruh soal lemahnya antena pada iPhone generasi keempat tampaknya segera terlupakan.

APPLEINSIDER | REUTERS | RINI K



Sumber
TEMPO Interaktif

Website yang berhubungan :
Tentang Aku
Sentuhan Rohani
Trik and Tips
Info Pendidikan
Info Kesehatan
Forum Di Web
Puisi-Puisi Ku

Tidak ada komentar: