Rabu, 15 Desember 2010

Beli iPad, Tinggalkan Media Cetak

Fungsi iPad semakin populer bagi para penggunanya sebagai media untuk membaca surat kabar digital. Bahkan, tak sedikit para pengguna iPad yang berniat membatalkan langganan terhadap surat kabar.VAnews -

Demikian hasil survei tim dari Missouri School of Journalism, Amerika Serikat yang dilakukan terhadap lebih dari 1.600 pengguna iPad seperti dikutip Fortune. Para responden umumnya berpendidikan tinggi, orang mapan berusia 35 sampai 64 tahun. Fokus survei adalah untuk mengetahui bagaimana pengguna produk teknologi tersebut dalam mengkonsumsi berita.

Survei itu menunjukkan bahwa membaca dan mengikuti perkembangan berita merupakan fungsi paling populer dari iPad. Sebanyak 84 responden menyatakan membaca berita adalah bagian terpenting dari penggunaan iPad.

Selain itu, lebih dari tiga perempat atau 78,6 persen dari pengguna menghabiskan 30 menit waktunya untuk membaca berita lewat iPad. "Hampir setengah atau 48,9 persen responden menghabiskan waktu lebih dari 1 jam untuk membaca berita di iPad setiap harinya."

Dari semua responden sebanyak 931 orang menyatakan saat ini mereka juga berlanganan koran cetak. Namun, sebagian dari mereka berniat membatalkan langganan media cetak.

Sebagai contoh, tulis laporan tersebut, lebih dari separoh atau 58,1 persen responden yang memakai iPad minimal satu jam sehari untuk membaca berita mengaku sangat mungkin membatalkan langganan koran dalam enam bulan ke depan.

"Bahkan, 10 persen responden menyatakan telah membatalkan langganan koran dan beralih ke koran digital lewat iPad." (adi)


Sumber


Tidak ada komentar: