Rabu, 08 Desember 2010

Empat Kejutan Baru dari Google

SAN FRANCISCO — Dalam tempo sehari, Senin (6/12/2010), Google mengumumkan empat kejutan sekaligus. Kejutan-kejutan tersebut adalah bergabungnya SAP dalam Google App Marketplace, toko buku online Google eBookStore, smartphone Google Nexus S, dan layanan iklan baru. Keempat pengumuman diungkapkan dalam blog resmi Google.

SAP yang merupakan pemain utama penyedia aplikasi bisnis menyediakan SAP Streamwork, sebuah aplikasi pengambilan keputusan bersama. Aplikasi ini menyediakan tempat diskusi maya berikut tabel voting dan polling. Seperti lebih dari 200 aplikasi yang ada di Google App Marketplace saat ini, SAP Streamwork dapat diakses pengguna dengan login menggunakan akun yang sama.

Kejutan kedua adalah toko buku online yang diberi nama Google eBookstore. Sebelum resmi memberi nama toko buku online-nya, Google sebelumnya mengumumkan Google Editions, sebuah program kerja sama dengan penerbit buku. Program ini merupakan bagian dari Google eBooks yang digagas sejak lama. Berbeda dengan toko buku online pesaing, seperti Amazon dan Apple iBookstore, Google eBookstore sejak awal mendukung multiplatform sehingga buku-buku yang dijual dapat diakses lewat berbagai jenis smartphone dan tablet serta sistem operasi desktop. Saat ini Google eBookstore diklaim menawarkan lebih dari tiga juta judul buku, baik gratis maupun berbayar.

Smartphone Nexus S merupakan kejuatan ketiga dari Google. Nexus S merupakan ponsel kedua yang dirancang sendiri oleh Google. Jika smartphone pertamanya Nexus One diproduksi HTC, Nexus S diproduksi Samsung. Ini juga sekaligus merupakan model smartphone yang dikeluarkan Google untuk menunjukkan versi terbaru Android 2.3 atau disebut Gingerbread.

Terakhir, Google meluncurkan alat baru bagi para pengusaha kecil di seluruh dunia untuk memudahkan mereka menjangkau pasar luar negeri. Dengan Google Ads for Global Advertiser dan Global Market Finder, produsen dapat mengukur pasar negara mana yang kompetitif untuk produknya, termasuk menentukan harga yang bersaing. Selanjutnya, pengusaha dapat memajang iklan dan menerjemahkan situsnya dengan bantuan Google sesuai dengan target yang diinginkan meskipun berbeda bahasa.



Sumber
KOMPAS.com

Tidak ada komentar: