Sabtu, 11 Desember 2010

Mark Zuckerberg Janji Sumbangkan 50 Persen Hartanya


NEW YORK — Masih banyak pengusaha sukses di dunia yang berjiwa sosial tinggi. Buktinya ada program The Giving Pledge yang menjaring para jutawan di AS untuk berkomitmen menyumbang setengah hartanya untuk kegiatan sosial atau filantropi. Makin kaya, makin besar pula sumbangannya.

Program ini digagas oleh triliuner Warren Buffett dan Bill Gates, pendiri Microsoft. Yang terbaru, ada 17 orang triliuner Amerika Serikat (AS) yang menyatakan bersedia menyumbangkan minimal separuh kekayaannya untuk kegiatan filantropi.

Di antara para orang kaya baik hati itu, ada nama pendiri Facebook Mark Zuckerberg dan Dustin Moskovitz. Selain itu, pendiri AOL Steve Case, investor Yahoo, Carl Icahn, dan mantan pialang Wall Street, Michael Milken. Total jenderal, hingga saat ini sudah ada 57 orang triliuner yang turut bergabung di program The Giving Pledge.

"Banyak orang menunggu hingga ujung kariernya untuk memberi. Tapi, mengapa harus menunggu jika banyak hal yang harus segera kita lakukan sekarang," ujar Zuckerberg saat memutuskan bergabung dalam komunitas ini.

Lewat program ini, Bill Gates dan Buffet mengajak para orang superkaya untuk menyumbangkan paling tidak setengah kekayaan yang mereka untuk kegiatan filantropi. The Giving Pledge tidak menerima uang dan tidak memberikan saran cara menyumbangkan dana mereka. Namun, mereka meminta para triliuner itu membuat komitmen moral dan memublikasikan kesanggupan mereka dalam sebuah surat.

Pada tahun 2009, menurut laporan Giving USA yang dibuat sebuah pusat kegiatan filantropi di Indiana University, para triliuner AS telah menyumbangkan dana lebih dari 227 miliar dollar AS. Angka ini hanya turun 0,4 persen dibanding tahun 2009. Buffett sendiri, pada 2006, telah menyatakan akan menyumbangkan 99 persen kekayaannya melalui Bill & Melinda Gates Foundation. Sementara itu, Bill dan Melinda Gates sendiri sejauh ini telah menyumbangkan lebih dari 28 miliar dollar AS. Daftar lengkap para triliuner dermawan itu bisa disimak di www.thegivingpledge.org. (Kontan/Cipta Wahyana)


Sumber
KOMPAS.com

Tidak ada komentar: