Jumat, 24 Desember 2010

VIDEO: Motorola Siapkan Komputer Tablet


Apple iPad, Samsung Galaxy Tab, dan BlackBerry PlayBook tak lama lagi bakal kedatangan "teman" baru. Motorola perlahan-lahan membuktikan kabar yang nyaring beredar. Ya, vendor asal Illnois-Amerika Serikat itu siap meramaikan pasar tablet PC di sela ajang Consumer Electronics Association (CES) 2011, Nevada-Amerika Serikat.

Belum ada yang tahu seperti apa fisik tablet buatan Motorola itu. Namun, Motorola sendiri telah merilis video teaser pendek untuk memastikan bahwa tablet generasi masa depannya akan benar-benar dirilis pada ajang yang berlangsung 6-9 Januari 2011 itu.

Dalam video tersebut, Motorola menceritakan semacam evolusi tablet dari era Yunani (3.200 SM) hingga tahun 2010 yang ditandai dengan hadirnya Samsung Galaxy Tab.

Seperti yang diduga, video tersebut juga meledek tablet-tablet yang beredar saat ini, seperti Apple iPad yang katanya tidak lebih dari sebuah perangkat iPhone versi raksasa, Samsung Galaxy Tab hanya sebuah perangkat telepon besar buatan Korea yang mengoperasikan Android.

Penasaran? Berikut video yang diunggah oleh pihak Motorola di situs YouTube:

writeFlash({"allowFullScreen":"true","allowScriptAccess":"always","src":"http://www.youtube.com/v/quI2I8wLPdc&hl=en_US&feature=player_embedded&version=3","width":"400","height":"244"});

Video ini berhasil mengundang spekulasi dari para pengamat dan jurnalis. Beberapa di antaranya yakin bahwa tablet Motorola akan menjalankan sistem operasi baru Android Honeycomb, yakni sistem operasi yang dirancang khusus oleh Google untuk komputer tablet.

Spekulasi lain yang muncul adalah Motorola dan Verizon mempersiapkan tablet berukuran 10 inci dan mendukung jaringan FiOS terakhir. Namun, rumor ini buru-buru dibantah oleh BetaNews.

"Di sini, logikanya adalah bahwa Motorola membuat semacam set top box untuk layanan FiOS milik Verizon. Tidak ada hubunganya dengan rumor tablet. Tablet berfungsi sebagai alat komunikasi retail atau rumahan," kata Tim Conneally dari BetaNews, yang dikutip VIVAnews dari TG Daily, Selasa 21 Desember 2010.

Sementara ini, Apple iPad dan Samsung Galaxy Tab masih terus berlomba-lomba menguasai pasar. BlackBerry PlayBook, meski sudah diumumkan, hingga saat ini belum disediakan Research In Motion (RIM) di pasar. Kemungkinan besar, perseteruan serius baru akan dimulai pada kuartal pertama awal tahun depan, ketika BlackBerry PlayBook dan komputer tablet Motorola resmi "menyapa" iPad dan Galaxy Tab di pasar.



Perbandingan Tablet Internet

BlackBerry Playbook

Galaxy Tab

Apple iPad

Prosesor

1GHz Dual Processor

1GHz Samsung Hummingbird

1GHz Apple A4

OS

BlackBerry Tablet OS/QNX

Android 2.2 Froyo

iOS 4

Layar

7-inci, WSVGA, multi-touch screen

7-inci, TFT multitouch

9,7-inci, LED multitouch

Resolusi

1024x600 piksel

1024x600 piksel

1024x769 piksel

Berat

14 ons

13,4 ons

25,6 ons

Kapasitas

Belum diketahui

32GB internal, microSD sampai 32GB

16GB, 32GB, atau 64GB

Wi-Fi

Ada

Ada

Ada

Bluetooth

Ada

Ada

Ada

Kamera belakang

Ada (5MP)/HD

Ada (3,2MP)

Tidak ada

Kamera depan

Ada (3MP)/HD

Ada (1,3MP)

Tidak ada

GPS

Ada

Ada

Ada

Flash Video

Ada

Ada

Tidak ada

Telepon

Belum diketahui

Ada

Tidak ada

Kios Aplikasi

BlackBerry App Store

Android Market

Apple App Store



Sumber
VIVAnews


Tidak ada komentar: