Rabu, 15 Desember 2010

Nexus S Mulai Meluncur

Jakarta - Kolaborasi Google dan Samsung sebelum penghujung tahun mulai menggebrak pasar. Mereka mengumumkan keluarnya Nexus S yang berplatform android Gingerbread.

President and Head Mobile Communications Business Samsung Electronics, JK Shin mengatakan kerjasama kedua perusahaan ini merupakan ambisi untuk mendorong program android lebih maju. »Sangat memuaskan melihat kerjasama yang berbuah luar biasa,” ujar Shin dalam siaran persnya.

Dia mengatakan Nexus S membuktikan komitmen untuk teknologi inovatif android yang lebih terbuka. Chief Strategy Officer Samsung Telekomunikasi Amerika Omar Khan menambahkan ponsel ini mengintegrasikan perangkat keras terbaik samsung terbaik di kelasnya.

»Dibenami juga fitur baru dan up grade Android 2,3 gingerbread untuk terobosan ponsel pintar,” ujar Khan. Hal senada diungkapkn oleh Vice President of Engineering Google Andy Rubin. »Kami tertarik mengembangkan teknologi android dan perangkat Samsung,” ujarnya.

Nexus S dirancang dengan layar sentuh super Amoled 4 inci. Memiliki desain melengkung yang lebih ergonomis dalam genggaman. Ponsel ini dilengkapi fitur Near Field Communication (NFC) yang memungkinkan pengguna membaca informasi dari benda-benda yang dibenami chip NFC. Contohnya seperti stiker atau poster berchip.

Untuk memperkuat kemampuan Nexus S, Samsung membenami dengan prosesor Samsung 1 GHz. Selain itu Nexus juga mempunyai fitur yang menghasilkan grafis 3D yang kaya, proses unggah dan unduh yang lebih cepat dan konten HD untuk multimedia.

Samsung juga melengkapinya dengan sebuah kamera 5 megapiksel menghadap ke belakang, camcorder dan sebuah kamera VGA menghadap ke depan. Fitur lainnya yakni sensor giroskop untuk game. Fitur ini memungkinkan pengguna memiringkan ke atas atau ke bawah, mengarahkan telepon ke kiri dan ke kanan. Kapasitas memori penyimpanan internal cukup besar yakni 16 GB.

Nexus S juga mempunyai fitur android yang banyak diminati seperti portable hotspot Wi-fi, multitasking, akses ke layanan google mobile seperti Google Search, Gmail, google maps dengan navigasi. Ada pula fitur Voice action, google voice dan Youtube serta 100 ribu aplikasi dan widget android market.

DIAN YULIASTUTI



Sumber
TEMPO Interaktif

Tidak ada komentar: