Jumat, 24 Desember 2010

Game Smurf Bikin Pusing Orangtua


Bermain Smurfs' Village di iPhone bisa jadi menyenangkan. Permainan yang mirip gaya Farmville ini menggunakan tokoh kartun Smurf yang sudah kesohor lama. Namun, hati-hati. Jangan sampai lupa diri.

Gara-gara terlalu asyik bermain, seorang anak sampai menghabiskan puluhan dollar AS untuk menikmati permainan yang makin menyenangkan. Pasalnya, Capcom Interactive yang mengembangkan game tersebut menarik onkos tambahan di tengah-tengah permainan jika pengguna ingin tantangan lebih besar.

Dalam permainan itu, diberlakukan alat pembayaran digital yang diberi nama Smurfberries untuk mengakses fitur-fiturnya. Untuk mendapatkannya, pengguna harus membeli melalui kartu kredit yang dapat dilakukan langsung dari dalam aplikasi dengan mudah saat bermain game. Ada beberapa paket mulai harga 4,99 dollar As hingga 59,99 dollar AS tergantung isi Smurfberries di dalamnya.

Nah, dari sinilah keluhan bermula. Beberapa orangtua merasa dirampok aplikasi tersebut. Di forum online Apple, seorang bapak mengeluh terkena tagihan kartu kredit hingga 59,99 dollar AS karena anaknya seenaknya memnect tombol pesan paket termahal tanpa sepengetahuannya.

"Saya tanya ke anak saya bagaimana cara mendapatkannya, dan ternyata tak ada permintaan untuk memasukkan password iTunes dalam prosesnya. Ia hanya perlu memnect tombol yang diminta untuk membelinya," ujar orangtua tersebut.

Merespon keluhan ini, Capcom kemudian membuat peringatan dalam deskripsi game tersebut. "Tolong dicatat, Smurfs' Village gratis dimainkan, namun menarik bayaran untuk menambah kontan di dalam aplikasi. Anda bisa mengunci fitur untuk membeli konten tambahan tersebut dengan melakukan perubahan setting di perangkat keras."

Smurfs' Village diluncurkan sejak November lalu menjelang peluncuran film Smurf 3D yang akan dirilis tahun depan. Saat ini, game tersebut telah melonjak ke peringkat ketiga aplikasi iPhone paling banyak diunduh. Bahkan, diperkirakan popularitasnya akan bisa bersaing ketat dengan Angry Birds yang merupakan game paling terkenal sekarang.


Sumber
KOMPAS.com

Tidak ada komentar: