Jumat, 17 Desember 2010

Meski Kalah, Azkals Kalahkan Garuda di Twitter

JAKARTA - Kalah dari Indonesia 1-0 dalam laga pertama semifinal Piala AFF 2010 tidak membuat Timnas Filipina kehilangan muka. Di dunia maya, tim yang dijuluki Azkals tetap lebih populer ketimbang tim Indonesia. Dalam daftar trending topics Twitter, hashtag #Azkals lebih unggul ketimbang Timnas Indonesia.

Azkals berasal dari Bahasa Tagalog, askal, yang artinya anjing liar asli Filipina yang terkenal gigih berjuang untuk mencari makanan. Di urutan 10 daftar trending topics, Kamis (16/12/2010) malam usai pertandingan berakhir, hashtag #Azkals menduduki peringkat kedua, sedangkan Timnas Indonesia di urutan keempat. Namun, hal itu tak berlangsung lama karena sekitar satu jam kemudian Azkals segera tertendang keluar sementara Timnas Indonesia tetap jadi perbincangan hangat.

Namun, pembicaraan soal Timnas Indonesia sempat mendominasi Twitter dengan tiga kata kunci. Selama pertandingan, kata kunci tersebut semoat bertengger di daftar tren, masing-masing Timnas Indonesia, Christian Gonzales, dan Suyono. Sementara pembicaraan terakit timnas Filipina, #Azkals dan Younghusband. Para pengguna Twitter Indonesia bahkan turut meramaikan perbincangan seputar Younghusband karena jika diartikan langsung dalam Bahasa Indonesia punya arti unik yakni suami muda, alias lawan bini muda.

Artinya, laga pertandingan Indonesia-Filipina kali ini membuat gaduh di Twitter. Buktinya, 5 dari 10 kata kunci terkait hal tersebut melesat ke trending topics dunia. Tunggu saja seramai apakah laga kedua 19 Desember mendatang.



Sumber
KOMPAS.com

Tidak ada komentar: