Jumat, 24 Desember 2010

Microsoft Rilis Situs Riset HTML5


SEATTLE, Dukungan Microsoft terhadap teknologi HTML5 di browser Internet Explorer makin terlihat keseriusannya. Raksasa software tersebut pun merilis situs khusus untuk mengkajikan riset pengembangan teknologi itu untuk memberi akses kemudahan bagi para pengembang web HTML5 Labs.

Melalui situs tersebut, Microsoft menyediakan code dari prototipe teknologi yang dikembangkannya sehingga dapat dites para pengembang. Saat ini sudah ada dua prototipe yang tersedia, yakni Web Sockets dan IndexedDB, dua bagian HTML5 yang belum sepenuhnya rampung disempurnakan.

"Prototipe-prototipe ini akan membantu kami berdiskusi dengan komunitas pengembang, dan memberikan pengalaman implementasi dengan draf spesifikasinya sehingga akan menghasilkan umpan balik untuk meningkatkan standar pada akhirnya nanti," ujar Jean Paoli, General Manager of Interoperability Strategy Microsoft, Rabu (22/12/2010).

Web Sockets merupakan cara agar elemen halaman web dapat berkomunikasi dengan server secara terus-menerus tanpa pengunjung melakukan refresh. Teknologi ini dapat dipakai di situs web, server, atau aplikasi klien dan server. Sementara itu, IndexedDB memungkinkan situs web menyimpan data di komputer pengunjung agar dapat diakses secara offline, misalnya untuk bookmark atau e-mail.

"Kami pilih kedua spesifikasi sejak awal karena potensi digunakannya besar, tetapi belum cukup stabil," kata Paoli. Banyak komponen HTML5 telah ditanamkan Microsoft di browser terbarunya yang masih tahap beta, Internet Explorer 9 Beta.


Sumber
KOMPAS.com

Tidak ada komentar: