Minggu, 05 Desember 2010

HTC Mantapkan Posisi Sebagai Vendor Android Papan Atas

JAKARTA - Survey GfK tampaknya akan semakin melonjakkan Android hingga makin menjauhi Symbian. Apalagi jika dedengkot ponsel Android macam HTC Corporation tak kepalang tanggung, merilis dua seri sekaligus di Indonesia. Kedua seri tersebut adalah HTC Desire dengan subbrand, HD dan Z.

HTC Desire HD seperti pernah kami sebut, sangat mengandalkan fitur multimedia untuk memantapkan fungsi ponsel Android yang mampu melakukan banyak hal. Ini bisa dilihat dari dua pendukung dalam hal menunjang kapabilitas proses reporduksi audio, yaitu teknologi Dolby Mobile dan SRS Virtual Sound.

Sementara itu dari segi imaging, ponsel yang memiliki kemampuan untuk melakukan Wi-Fi tethering ini memamerkan sebuah kamera resolusi 8 MP dan layar berukukran 4,3 inci. Tak perlu tanyakan spesifikasi lainnya, karena memang sudah menjadi sebuah standar keharusan sebuah ponsel berperforma tinggi. Namun jika Anda menyangsikan bodinya, berarti Anda salah besar. Sebab, HTC memang sangat peduli dengan material berupa sebuah blok aluminium solid agar konstruksinya terasa kokoh. Sebuah fitur baru dikenalkan yaitu Fast Boot yang tak lain merupakan akses cepat untuk melakukan panggilan juga memeriksa email.

Desaire saudaranya, seri Desire Z tak didedikasikan penuh pada multimedia, namun lebih kepada peruntukan akses social network dalam kondisi mobile. Oleh sebab itu tidak heran peran papan ketik menjadi vital demi memberikan kenyamanan ber-texting. Bahkan beberapa tombol di panel papan ketik pun ditambahkan berupa akses singkat ke berbagai menu yang kerap diaktifkan oleh pengguna.Maka, jangan heran kalau kameranya hanya 5 MP.

Catatan penting lainnya dari kedua seri ini adalah untuk pertama kalinya HTC menggunakan prosesor baru bikinan Qualcomm. Seri Desire HD ditopang oleh Qualcomm seri 8255 Snapdragon yang memiliki kecepatan komputasi sampai 1 GHz. sedangkan sang "saudara" mengenakan seri 7230 yang tentu kecepatannnya lebih rendah (800 MHz).

Tidak seperti Samsung Mobile yang kemudian terinspirasi untuk membangun toko digital Android yang menjual aneka aplikasi ketika berkecimpung di dunia Android. HTC masih bersikukuh pada Google Market. Namun, bukannya tak ada upaya untuk memberikan layanan digital kepada penggunannya. Salah satu yang juga dikenalkan pada peluncuran Rabu (1 Desember) silam adalah HTCSense.com.

Ini adalah sebuah portal yang dapat diakses melalui ponsel HTC maupun PC yang berisi aneka macam layanan digital. Sebut saja wallpaper, audio, widgets, juga konten eksklusif lainnya. Yang menarik adalah fitur yang dapat membesarkan volume ponsel Anda secara otomatis ketika Anda lupa meletakkan. Atau mengunci ponsel secara remotedan mengirimkan pesan pribadi ketika ponsel tiba-tiba raib dan sudah berada di tangan orang lain.

HTC Indonesia memastikan harga Desire HD sebesar Rp 6.599.000,-, sementara Desire Z dibanderol Rp 6.199.000,-. Harap bersabar karena barang baru tersedia di ujung Desember 2010. (ANDRA/FORSEL)



Sumber
KOMPAS.COM

Tidak ada komentar: