Sabtu, 24 Juli 2010

4 Perguruan Tinggi Indonesia di Top100 Asia

Setelah sebelumnya diumumkan pemeringkatan perguruan tinggi oleh 4ICU, pada 20 Juli 2010 telah dipublikasikan pula pemeringkatan perguruan tinggi berkelas dunia Webometrics di mana empat peguruan tinggi Indonesia berhasil masuk jajaran Top 100 perguruan tinggi Asia.

Tak jauh berbeda dengan temuan 4ICU, empat perguruan tinggi tersebut merupakan perguruan tinggi negeri, yakni Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada, dan Universitas Indonesia, yang secara berurutan menempati peringkat ke-56, 61, dan 84. Satu lainnya, adalah perguruan tinggi swasta, yaitu Universitas Gunadarma, yang bertengger di peringkat ke-88 di Asia.

Di wilayah Asia, menurut data Webometrics per Juli 2010, peringkat pertama Asia ditempati oleh University of Tokyo. Disusul University of Hong Kong di posisi kedua dan Kyoto University persis di bawahnya.

Sedangkan untuk wilayah ASEAN, hanya ITB, UGM, UI, dan Gunadarma yang berhasil mewakili Indonesia di posisi dua puluh besar. Sedangkan tiga universitas di peringkat teratas secara berurutan adalah National University of Singapore (NTU), Kasetsart University dan Chulalongkorn University dari Thailand.

Berikut peringkat 10 besar Perguruan Tinggi Indonesia berdasarkan Webometrics, atau dikenal juga dengan cybermetrics:

Peringkat

National

Peringkat

Dunia

Top 100

ASEAN

Top 100

Asia

Perguruan Tinggi

1

569

8

56

Institut Teknologi Bandung (ITB)

2

611

10

61

Universitas Gadjah Mada (UGM)

3

789

15

84

Universitas Indonesia (UI)

4

813

16

88

Universitas Gunadarma

5

1117

25

-

Universitas Kristen Petra

6

1127

26

-

Institut Pertanian Bogor (IPB)

7

1348

31

-

Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)

8

1474

36

-

Universitas Airlangga (UNAIR)

9

1517

38

-

Universitas Diponegoro (UNDIP)

10

1520

39

-

Universitas Sebelas Maret (UNS)

Sekadar diketahui, Webometrics secara resmi diluncurkan pada tahun 2004 dan diupdate setiap semester, yakni pada bulan Januari dan Juli. Tujuan umum pemeringkatan Webometrics adalah mendorong komunitas akademik untuk mempublikasikan hasil karya akademik melalui Web.

Hal penting yang perlu dicatat adalah indikator berbasis Web tersebut bukan hanya sekedar diseminasi dari pengetahuan akademis saja, tetapi juga mengukur kegiatan ilmiah, kinerja, dan dampaknya.

Keempat indikator tersebut meliputi yaitu Visibility (V), Size (S), Rich Files (R), dan Scholar (Sc). Visibility diukur dengan Yahoo external link, Size dengan jumlah halaman Web yang terindeks di search engine, Rich File dengan jumlah file yang terdindeks di Google, dan Scholar dengan jumlah paper di Google Scholar.

Pada edisi kali ini, mesin pencari Bing sementara tidak digunakan oleh Webometrics karena ketidakstabilan hasil pencarian selama periode pengambilan data.

Webometrics edisi Juli 2010 ini melakukan penilaian lebih dari 18 ribu perguruan tinggi di seluruh dunia. Jumlah perguruan tinggi di Indonesia yang masuk pemeringkatan tercatat sebanyak 140 PT. Jumlah tersebut meningkat dibandingkan edisi sebelumnya yang tercatat sebanyak 42 PT yang masuk Top 6000 dunia.

Seperti halnya pemeringkatan 4ICU, dua PTS yaitu Universitas Gunadarma dan Universitas Petra berhasil menerobos dominasi PTN pada pemeringakatan World-Class University versi Webometrics. (umi)



Sumber
VIVAnews

Mau dapat uang Gratis, dapat kan di http://roabaca.com/forum/index.php/topic,87.0.html

Tidak ada komentar: