Senin, 26 Juli 2010

Pemindai Otak, Bisa Bantu Seseorang Memilih Pekerjaan?


LONDON--Bingung memilih karier? atau sudah berulang kali mengikuti wawancara kerja, tes macam-macam, dan menemui psikolog, tapi belum juga tahu pekerjaan apa yang hendak digeluti?

Sebaiknya jangan panik dulu. Pasalnya, peneliti sedang mengembangkan teknik baru untuk memudahkan seseorang mengetahui pekerjaan apa yang sebaiknya dipilih. Teknik yang dimaksud adalah memindai otak. Dari studi terakhir, pakar syaraf kian dekat untuk membaca bakatdengan hanya melihat peta pemikiran dari hasil pemindaian otak.

Hasil pemindaian otak ini memungkinkan peneliti memetakan antara area dan pengetahuan seseorang. Oleh peneliti, bentuk pemetaan otak ini disebut penilaian psikometrik. Melalui penilaian psikometrik otak, peneliti tahu betul sejauh mana kemampuan seseorang.

"Kekuatan dan kelemahan dari kemampuan berpikir sesorang sangat dipengaruhi oleh struktur otak. Sehingga ada kemungkinan bahwa pemindaian terhadap otak dapat memberikan informasi yang diperlukan untuk mengetahui bakat dan kemampuan seseorang," ujar Pemimpin riset, Profesor Richard Haier seperti dikutip dari Telegraph, Jumat (23/7).

Sebelumnya, Richard dan koleganya dari University of California melakukan pemindaian otak 40 partisipan. Selanjutnya, peneliti membandingkan hasil pemindaian masing-masing partisipan dengan delapan tes kemampuan kognitif untuk mengetahui adanya hubungan antara otak dan bakat.

Hasilnya, peneliti menemukan adanya penanda dominan berwarna abu-abu pada bagian otak yang digunakan untuk menghitung dan penanda berwarna putih, yang diartikan sebagai bagian otak yang digunakan untuk berkomunikasi. Dari dua penanda ini, peneliti berkesimpulan, orang tersebut memiliki kemampuan yang baik di bidang aritmatika, daya ingat angka, dan gambar.

Pada penanda abu-abu, oleh peneliti disebut sebagai area Broadman. Area ini tersebar di seluruh organ. Bagi mereka yang memiliki kemampuan nalar yang baik serta daya ingat yang tinggi memiliki penanda abu-abu dalam jumlah besar.



Sumber
REPUBLIKA.CO.ID

Mau dapat uang Gratis, dapat kan di http://roabaca.com/forum/index.php/topic,87.0.html

Tidak ada komentar: