Rabu, 28 Juli 2010

Kulkul; Alat Komunikasi Kelompok Masyarakat Tradisional Bali

Oleh : Tim Wacana Nusantara

A. Komunikasi kelompok
Kelompok adalah sekumpulan orang yang memunyai tujuan bersama yang berinteraksi satu sama lain untuk mencapai tujuan bersama, mengenal satu sama lainnya, dan memandang mereka sebagai bagian dari kelompok tersebut (Deddy Mulyana, 2005). Kelompok ini misalnya adalah keluarga, kelompok diskusi, kelompok pemecahan masalah, atau suatu komite yang tengah berapat untuk mengambil suatu keputusan. Dalam kelompok biasanya terjadi komunikasi, baik komunikasi antar-kelompok maupun komunikasi antarpribadi.

Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi saling memengaruhi di antara keduanya. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi dengan bahasa nonverbal.


Selengkapnya di:
http://www.wacananusantara.org/2/677/kulkul;-alat-komunikasi-kelompok-masyarakat-tradisional-bali?mycustomsessionname=0e357df9024c40a1c4a9b3db01d7ac99


Mau dapat uang Gratis, dapat kan di http://roabaca.com/forum/index.php/topic,87.0.html

Tidak ada komentar: