Rabu, 28 Juli 2010

Kepurbakalaan Kompleks Candi Penataran

Oleh: Drs. M. Dwi Cahyono, M.Hum (Universitas Negeri Malang)

A. Prawacana
Candi Penataran sebagai mahakarya seni rupa masa lalu (Masa Hindu-Buddha) yang unik, menarik, dan sekaligus bermakna. Keunikan wujud ekspresi Candi Penataran antara lain tergambar pada gaya khasnya, yang disebut dengan “candi bergaya seni Jawa Timuran”. Semoga hantaran saya lewat tulisan dan seminar ini bisa membuahkan makna, yakni membuka wawasan dan wacana kesenian para peserta kegiatan, agar kelak tampil sebagai seniman perupa yang aktif dan kreatif untuk mentransformasikan anasir seni rupa masa lalu ke arah fungsi-fungsi masa kini dalam beragam bentuk ekspresinya.

Untuk kepentingan itu, ada empat pokok kajian yang hendak saya angkat, yaitu: (1) Candi Penataran, Sumber Eksplorasi Seni, (2) Candi Penataran, Wujud Ekspresi Seni Rupa Jawa Timuran Masa Lampau, serta (3) Candi Penataran, Transformasi Fungsi Lintas Masa. Pokok pokok soal tersebut, selanjutnya dirinci ke dalam detail-detail telaah yang relevan.

Selengkapnya di:
http://www.wacananusantara.org/99/679/kepurbakalaan-kompleks-candi-penataran?mycustomsessionname=877f52776c4a6685df2af79eda3e4dfd

Mau dapat uang Gratis, dapat kan di http://roabaca.com/forum/index.php/topic,87.0.html

Tidak ada komentar: