Rabu, 21 Juli 2010

Fujitsu dan Microsoft Godok Komputasi Awan

Fujitsu baru saja menyepakati kerja sama global dengan Microsoft untuk menyediakan serangkaian solusi komputasi awan (cloud computing) lengkap yang berjalan di atas platform Windows Azure.

Sebagai wujud dari kerja sama tersebut, datacenter Fujitsu akan menggunakan platfrom Windows Azure, termasuk aplikasi di dalamnya.

Sementara bagi pelanggan dan independent software vendor (ISV), Fujitsu akan menyuguhkan serangkaian solusi komputasi awan yang mencakup integrasi sistem, migrasi awan dan layanan terkelola.

"Melalui aliansi ini, kami memberikan berbagai kemungkinan baru dalam komputasi awan," kata Kazuo Ishida, Corporate Senior Executive Vice President yang bertanggung jawab pada ICT Service Business Fujitsu melalui keterangannya, Senin 20 Juli 2010.

"Kemitraan dengan Microsoft benar-benar mencerminkan strategi awan Fujitu."

Untuk langkah awal, layanan dan solusi awan baru yang berbasiskan Windows Azure ini akan tersedia di datacenter Fujitsu di Jepang. Di mulai dari Fujitsu Tatebayashi System Center pada akhir 2010 dan dilanjutkan ke seluruh lokasi di dunia. Fujitsu juga akan menyediakan layanan berbasiskan Windows Azure kepada pelanggan secara global.

Microsoft sendiri sudah melakukan banyak hal sebagai bagian dari transformasi ke komputasi awan. Platform Windows Azure akan menambah portofolio Fujitsu sesuai dengan tiga cara mengkonsumsi sumber daya awan, yakni infrastruktur, aplikasi, dan aktivitas sebagai layanan.

"Hasil dari kerja sama Fujitsu dan Microsoft di area komputasi awan ini adalah kemudahan bagi pelanggan untuk menangani berbagai skenario bisnis baru yang membutuhkan ketersediaan aplikasi dengan cepat, langsung bisa digunakan dan bisa diprediksikan," ujar Kazuo.

Sementara itu, Microsoft mengumumkan rilis produksi terbatas dari peranti Windows Azure pada acara Worldwide Partner Conference in Washington, D.C. Perusahaan komputer terbesar di dunia itu yakin perkenalan platform peranti Windows Azure merupakan tonggak baru di industri yang menandai transformasi ke komputasi awan.

"Dengan memperluas kekuatan dari platform Awan kami kepada pelanggan dan para penyedia layanan data center seperti Fujitsu, kami memperlebar jalan sehingga lebih banyak pelanggan yang bisa merasakan manfaat dari Awan," ucap Bob Muglia, President of Server and Tools Business Microsoft, melalui keterangan yang sama.

Dalam hal keahlian, Fujitsu klaim melatih lebih dari 5.000 konsultan dan pengembang sehingga mereka bisa bekerjasama dengan pelanggan dan ISV untuk memberikan konsultasi, mengembangkan. Di bidang pemasaran, kedua perusahaan berkomitmen akan menggelar berbagai aktivitas penjualan dan pemasaran untuk mempromosikan layanan awan ini. (adi)



Sumber
VIVAnews

Mau dapat uang Gratis, dapat kan di http://roabaca.com/forum/index.php/topic,87.0.html

Tidak ada komentar: