Kamis, 15 Juli 2010

SkyBee Lepas Komputer Tablet Rp2,5 Juta


Seperti telah direncanakan sebelumnya, bertepatan dengan pameran Festival Komputer Indonesia, hari ini SkyBee meluncurkan komputer tablet mini bertajuk SkyPad di pasar Indonesia.

"Hari ini SkyBee memperkenalkan tablet SkyPad," kata Chief Executive Officer PT Skybee Hendra Kendro, di acara peluncuran SkyPad, di Jakarta Convention Center, Kamis 15 Juli 2010.

Walaupun kehadiran SkyPad memang terinspirasi oleh kesuksesan Apple iPad di Amerika Serikat, namun Hendra, tak ingin disebut sebagai pengekor. "Kami bukan cuma follower, namun kami juga mengembangkan fitur-fitur yang belum dimiliki oleh iPad," kata Hendra.

Selama ini, Skybee memang dikenal sebagai vendor handset lokal. Ini pertama kalinya SkyBee menjajal produk selain ponsel. Hendra pun mengakui bahwa SkyPad merupakan salah satu langkah uji pasar, mengingat komputer tablet masih merupakan 'barang baru' di Indonesia.

Komputer tablet memang sudah lama muncul di Indonesia. Namun, hingga kini belum ada komputer tablet yang mengambil format bentuk slate semacam iPad. Selain SkyBee, hanya Zyrex yang meluncurkan gadget sejenis ini dengan nama Zyrex OnePad.

Huawei juga telah berancang-ancang untuk meluncurkan tablet semacam ini dengan nama Smakit S7 yang diperkirakan bakal mulai siap di pasaran sekitar Agustus mendatang. Skybee sendiri menyediakan dua versi komputer tablet, versi WiFi dan versi 3G + WiFi.

SkyPad 1 (versi WiFi) bakal tersedia di pasaran mulai pekan depan melalui jaringan distributor MasterData yang biasa mendistribusikan perangkat komputer, dan distributor OkeShop yang biasa memasok perangkat ponsel.

SkyPad 1 adalah tablet 7 inci yang beroperasi di atas platform Android. Melalui tablet ini, pengguna bisa berselancar internet, mengakses jejaring sosial, menikmati video, musik, foto, email, pesan instan, mengakses peta Google, maupun bermain game, dengan antarmuka sentuhan jari.

SkyBee mengklaim usia baterainya mampu bertahan 2-3 jam. Sayangnya, SkyPad 1 masih membesut Android versi lawas, yakni Android versi 1,6. Saat ini telah tersedia sistem Android 2.2 Froyo, yang memiliki kecepatan respon lebih cepat.

Sementara, Zyrex OnePad (tablet 10 inci) dan Huawei Smakit S7 (tablet 7 inci) sudah mengadopsi Android versi 2,1. Menurut Deputy Chief Executive Officer SkyBee, Ian Rustandi, ini terkait dengan kemampuan prosesor yang dibesutnya, Rockchip RK 2808 yang memang paling pol hanya mampu mendukung sistem operasi Android 1,6.

Namun Ian berjanji pada SkyPad generasi berikutnya akan membesut chipset RockChip RK2818 yang mendukung koneksi 3G dan sistem operasi Android 2,1.

"Kita memang dihadapkan dengan berbagai pilihan. Bila ingin usia baterai yang lama tentu butuh faktor bentuk yang lebih besar dan mengorbankan portabilitas," kata Hendra. Dengan ukuran dan pilihan spesifikasinya, tentu juga akan mempengaruhi faktor harga.

Oleh karenanya, lepas dari kekurangannya, tak seperti kompetitornya, Zyrex OnePad dan Smakit S7, SkyPad memang dibanderol dengan harga yang lebih murah. Bila OnePad dijual di kisaran Rp 3,5 juta, dan S7 akan dijual di atas Rp 3 Juta, SkyBee dilabel sebesar Rp 2,5 juta. (hs)


Sumber
VIVAnews

Mau dapat uang Gratis, dapat kan di http://roabaca.com/forum/index.php/topic,87.0.html

Tidak ada komentar: