Rabu, 28 Juli 2010

Disney "Ngiler" Popularitas Facebook

JAKARTA, - Semua perusahaan di seluruh dunia pasti ngiler melihat jumlah user situs jejaring sosial Facebook yang telah mencapai angka 500 juta orang. Mereka berlomba-lomba mencari celah untuk bisa ikut meraup omzet dari pasar raksasa bernama Facebook itu.

Nah, Walt Disney Co. tak mau ketinggalan kereta. Menurut seorang sumber Bloomberg, kini Disney tengah bernegosiasi untuk membeli Playdom Inc, pembuat game yang dimainkan di situs Facebook.

Menurut sumber itu, Disney dan pemegang saham Playdom mungkin akan meneken kesepakatan akuisisi pada pekan depan. Nilai seluruh saham Playdom, menurut laporan Wall Street Journal, bisa mencapai sekitar 500 juta dollar AS. Tapi, belum jelas benar, berapa persen saham yang diborong oleh Disney.

Jika transaksi ini benar-benar terlaksana, posisi Disney di bisnis online dan mobile games akan semakin kokoh. Di awal Juli lalu, Disney juga telah mengakuisisi Tapulous Inc, pembuat game musik untuk iPod dan iPad buatan Apple. "Playdom merupakan satu-satunya biggest guy yang masih independen. Jadi harga yang dibayar Disney sudah wajar," ujar Michael Pachter, analis Wedbush Morgan Securities di Los Angeles.

Sedikit kilas balik, Playdom yang berbasis di Mountani View, California, merupakan salah satu contoh perusahaan teknologi yang dibesarkan oleh modal ventura (venture capital). Pada Juni lalu, Playdom baru saja memperoleh suntikan dana senilai 33 juta dollar AS dari sekelompok perusahaan ventura. Salah satu penyumbang dana itu adalah Steamboat Ventures yang memang didukung penuh oleh Disney.

Total jenderal, hingga saat ini, Playdom telah berhasil menggaet dana senilai 76 juta dollar AS dari berbagai venture capital.(KONTAN/Cipta Wahyana)



Sumber
KOMPAS.com

Mau dapat uang Gratis, dapat kan di http://roabaca.com/forum/index.php/topic,87.0.html

Tidak ada komentar: