Rabu, 14 Juli 2010

Hanya Pangsa Pasar Android yang Tumbuh


JAKARTA, - Jangan kaget bagi para penggemar fanatik Apple dan BlackBerry. Kini penantang baru yang telah di depan mata, yakni Android, membuat sebuah lompatan besar dalam pangsa pasar smartphone dengan pertumbuhan yang sangat tinggi terutama di pasar AS.

Menurut laporan terakhir yang dikeluarkan oleh ComScore, Android adalah satu-satunya platform smartphone yang mengalami pertumbuhan pasar di AS. Pangsa pasar Android di AS naik dari 9 persen pada Februari 2010 menjadi 13 persen pada Mei 2010. Meski masih di posisi keempat, Android semakin dekat dengan posisi ketiga yang dipegang Microsoft dengan 13,2 persen.

Di posisi puncak masih platform BlackBerry Research In Motion (RIM) diikuti iPhone dari Apple. Namun, baik RIM, Apple, maupun Microsoft turun pangsa pasarnya. RIM turun dari 42,1 persen menjadi 41,7 persen. Apple turun dari 25,4 persen menjadi 24,4 persen. Microsoft turun dari 15,1 persen menjadi 13,2 persen.

Jika dilihat 13 persen tidaklah angka yang begitu besar, namun Android memiliki pertumbuhan yang konsisten dibanding para pesaingnya. Hal ini mungkin karena Android menggunakna platform terbuka didukung banyak vendor ponsel dan tidak terpaku pada satu operator seperti halnya iPhone.

iPhone 4 memang banyak terjual pada minggu-minggu pertamanya, namun para pembelinya mungkin hanyalah fans fanatik dari iPhone. Kenyataannya Android lebih terkenal di toko-toko, contohnya banyak orang yang mencari Motorola X Droid dan Samsung Galaxy S.

Google mengatakan bahwa mereka mengeluarkan 160.000 Android baru ke pasaran setiap harinya dan sebelum Droid X diluncurkan. Android-android lama memang pertumbuhannya tidak begitu cepat tetapi melesat sejak dirilis Android 2.2. Meski demikian, data tersebut belum termasuk pengaruh peluncuran iPhone 4 pada Juni. Microsoft pun berencana menggebrak pasar di akhir tahun dengan Windows Phone 7 yang juga didukung banyak produsen ponsel. Akankah Android tetap mendominasi pasar, tunggu saja.



Sumber
KOMPAS.com

Mau dapat uang Gratis, dapat kan di http://roabaca.com/forum/index.php/topic,87.0.html

Tidak ada komentar: