Kamis, 01 Juli 2010

Pemindai Bandara Dapat Menyebabkan Kanker

Jakarta - Pemindai tubuh di bandara memancarkan radiasi hingga 20 kali lebih kuat dari yang diduga sebelumnya, kata para ilmuwan.

Dr David Brenner, kepala pusat penelitian radiologis di Universitas Columbia di New York, mengatakan ilmuwan pemerintah tidak memperhitungkan konsentrasi radiasi pada kulit. Dia mengatakan hal itu menimbulkan keprihatinan mengenai potensi risiko kanker yang lebih besar dari yang disadari sebelumnya.

Dr Brenner, yang berasal dari Liverpool, mengatakan anak-anak dan penumpang dengan mutasi genetik - sekitar satu dari 20 populasi - yang paling berisiko karena mereka kurang mampu memperbaiki kerusakan X-ray pada sel mereka.

Dia menambahkan bahwa bahaya yang ditimbulkan terhadap penumpang individu "sangat rendah", tapi mengatakan bahwa penelitian lanjut diperlukan untuk lebih akurat menentukan risiko itu.

Dia berkata: "Jika semua 800 juta orang yang menggunakan bandara setiap tahun dipindai dengan sinar-X maka risiko individu yang sangat kecil dikalikan dengan jumlah besar orang terpindai mungkin menyiratkan kesehatan masyarakat potensial atau risiko sosial.

"Risiko penduduk memiliki potensi untuk menjadi signifikan."

Juru bicara Otoritas Penerbangan Sipil mengatakan: "perangkat tersebut telah disetujui untuk digunakan di Inggris oleh Departemen Transportasi dan telah menjalani penilaian risiko dari Badan Perlindungan Kesehatan.

"Berdasarkan peraturan saat ini, hingga 5.000 scan per orang per tahun dapat dilakukan dengan aman."

TELEGRAPH | EZ



Sumber
TEMPO Interaktif

Mau dapat uang Gratis, dapat kan di http://roabaca.com/forum/index.php/topic,87.0.html

Tidak ada komentar: